Sabtu, 03 Januari 2009

Istri Penghuni Surga

Dari Abdullah bin Abbas r.a, Rasulullah SAW bersabda :
" Maukah kuberitahukan kepada kalian tentang istri-istri kalian yang termasuk penghuni surga ? yaitu perempuan yang mecintai suaminya, mempunyai banyak anak, dan selalu meminta maaf kepada suaminya. Jika ia menyakiti atau disakiti, ia segera mendatangi suaminya dan memegang tangannya, lalu berkata : Demi Allah, aku tidak akan tidur sebelum engkau ridha kepadaku." (HR Al-Nasa'i)


Hadist ini menggambarkan sebagai berikut:
  1. Perempuan muslim yang saleh memiliki karakter mencintai suaminya dan selalu menjaga ikatan pernikahannya dengan baik. Dialah perempuan idaman yang perhatiannya kepada suami lebih besar daripada orang lain. Baginya suami dan keutuhan rumah tangga adalah dua kekayaan yang hakiki dan pusaka utama yang tidak tertandingi oleh harta yang berlimpah.
  2. Seorang istri yang mencintai suami akan senantiasa memohon maaf kepadanya, baik karena telah menyakiti atau disakiti. Mendatangi suami dan mencium tangannya untuk memohon keridhaannya.
  3. Istri yang mencintai suami selalu sungguh-sungguh dalam melayani suaminya dan menaati perintahnya. Bahkan ia mau merendahkan diri dan merasakan berbagai macam kesusahan demi memperoleh ridho Allah SWT.
  4. Perempuan yang mencintai suaminya tergerak untuk mengingatkan kelalaian suaminya terhadap kewajiban agama. Menyadarkan dan mendorong suaminya utnuk melaksanakan semua perintah Allah SWT

5 komentar:

  1. terkadang kita harus melakukan apa yang sebenarnya nga harus kita lakuin hanya demi orang2 yang kita sayangi,
    tapi semakin kita melakukan itu kitA SEMAKIN KEHILANGAN SEMUANYA,,

    BalasHapus
  2. gak ada hal yang sia-sia.
    apalagi jika kita berbuat baik
    akan ada timbal balik yg kita dapatkan
    janganlah melihat segala sesuatu dengan sempit mk kebahagiaan itu pun sulit datang kpd kita.
    jika kita memberi cinta dengan tulus, InsyaAllah akan berbuah manis. kesabaran dan keikhlasan membuat semua hal berat yg sy lalui menjadikan suami sy sgt menghargai dan mencintai sy dengan baik.

    BalasHapus
  3. ika. aku percaya kamu seperti itu. akan tetapi beberapa orang tidak bisa seberuntung kamu. kamu bisa menjadi orang baik. karena lingkunganmu, orang-orang terdekatmu, dan semua orang-orang tersebut mendorongmu ,emjadi orang yang seperti itu. ayah, ibu, saudara-saudaramu.
    bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki hal itu? ayah yang tidak seperti ayahmu. ibu yang tak seperti ibumu orang-orang yang dekat yang tidak seperti itu?

    BalasHapus
  4. Mba Ika. Makasih sudah add saya di fb. Pakabar mba. Ini saya dapat alamat Fb nya dari mba Dinda. Keep in touch

    BalasHapus
  5. intinya adalah ikhlas.dengan keikhlasan apapun yg kita berikan tnp merasa berat akan berbuah baik bg yg menerima dan kebaikan dari Allah swt.

    BalasHapus